Rabu, 26 Oktober 2011

Jenis (sastra) Drama

1. Tragedi
             Kisah berakhir dengan duka yang mendalam. Biasanya maut menjemput sang tokoh di akhir kisah. Tragedi  mengisahkan pergulatan manusia mengalahkan takdirnya. Contoh (Trilogi Odipus karya sopcholes, Hamlet, Romeo & Juliet karya william shakesphare)

2. Komedi
                Kisah penuh tawa dan gembira dan endingnya pasti sukacita. Contoh: Tartuffe,

3. Tragikomedi
               Gabungan antara tragedi dan komedi. Contoh: Inspektur jendral karya Nikolai Gogol, Opera kecoa karya N Riantiarno.

4. Melodrama
              Kisah yang menguras air mata. biasanya dipadu dengan musik. Contoh Kisah Opera Primadona karya N Riantiarno.

5. farce 
                 Gerak yang disajikan berlebihan dan tidak wajar, tapi tapi memang itulah gaya yang dipilih. sedangkan bentuk penyajiannya karikatural. Contoh: Ubu roy karya Alfreid Jarre, dan karya 2 Aristopanes.


Ada pula beberapa bentuk timbul seiring dengan zamannya, kemudian pola penyajiannya dianut, misal:

6. Parodi
                        Fakta dan kenyataan yang diputarbalikkan dengan maksud untuk menjadi bahan tertawaan. Orang biasanya mengenal tokoh atau fakta atau kenyataan itu sehingga komunikasi terjalin. Contoh: The Cloud, The froggs, women in the parliement karya aristophanes, sembelit; maaf, maaf, maaf karya Nriantiarno).

7. Satir
                          Berasal dari kata stiricon(Yunani), yaitu cemoohan/ejekan tentang tokoh atau keadaan yang dibawakannya dengan penuh kegetiran. Contoh: Suksesi, Cinta yang serakah karya N Riantiarno, Cyclops  karya Euripidies.

8. Musikal
                          seluruhnya diiringi dengan musik dan nyanyian. Dialog diubah menjadi nyanyian. Lagu dan musik adalah ekspresi utama. Contoh: cats, Miss saigon, Phantom of the opera, Lion King.

9. Opera
                            Seluruh lakonnya dinyanyikan oleh para pemeran dengan orkestra lengkap dan teknik menyanyi yang berkualitas. Contoh: Aida karya Verdi, Turanbot karya Puccini.



Di kutip dari Buku "Menyentuh Teater" karya N.Riantiarno